Senin, 22 Oktober 2012

.: STORYBOARD :.

Selamat datang kembali di Jagakarsa Network. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Story Board ? Apa itu Story Board ?
Mengenai pertanyaan di atas disini kita akan membahasa mengenai Story Board. 

                                                                    1. Pengertian
Gambar 1 : Story Board
Storyboard adalah penyelenggara grafis dalam bentuk ilustrasi atau gambar yang ditampilkan secara berurutan untuk tujuan pra-memvisualisasikan sebuah film , animasi , gerak grafis atau media interaktif urutan.
Proses storyboard, dalam bentuk yang dikenal saat, dikembangkan di Walt Disney Studio selama awal 1930-an, setelah beberapa tahun proses serupa yang digunakan di Walt Disney dan lainnya studio animasi .


2. Sejarah
Proses storyboard bisa sangat memakan waktu dan rumit. Film banyak anggaran besar yang diam storyboarded tetapi kebanyakan bahan ini telah hilang selama pengurangan dari studio arsip selama tahun 1970-an. Bentuk dikenal luas saat ini dikembangkan di studio Walt Disney selama awal 1930-an. Dalam biografi ayahnya, The Story of Walt Disney (Henry Holt, 1956), Diane Disney Miller menjelaskan bahwa storyboard lengkap pertama diciptakan untuk 1933 short Disney Three Little Pigs . Menurut John Canemaker, dalam Mimpi Paper: The Art and Artists dari Disney Storyboards (1999, Hyperion Press), storyboard pertama di Disney berevolusi dari komik-buku seperti "sketsa cerita" yang diciptakan pada tahun 1920 untuk menggambarkan konsep-konsep untuk mata pelajaran kartun animasi pendek seperti Plane Crazy dan Steamboat Willie , dan dalam beberapa tahun ide menyebar ke studio lain.
Menurut Christopher Finch dalam The Art of Walt Disney (Abrams, 1974), Disney dikreditkan Webb Smith animator dengan menciptakan ide menggambar adegan pada lembar kertas terpisah dan menjepit mereka di papan buletin untuk menceritakan sebuah cerita secara berurutan, sehingga menciptakan storyboard pertama. The studio kedua untuk beralih dari "sketsa cerita" untuk storyboard adalah Walter Lantz Productions pada awal 1935, [1] tahun 1936 Harman-Ising dan Leon Schlesinger juga mengikutinya. Dengan 1937-1938 semua studio yang menggunakan storyboard.
Gone with the Wind (1939) adalah salah satu film aksi live pertama untuk benar-benar membuat story. William Cameron Menzies , film desainer produksi , dipekerjakan oleh produser David O. Selznick untuk merancang setiap shot dari film.
Storyboard menjadi populer di live-action produksi film pada awal 1940-an, dan berkembang menjadi media standar untuk previsualization film. Pace Gallery kurator, Annette Micheloson, penulisan Menggambar pameran ke Film: Gambar Direktur, dianggap tahun 1940 ke 1990 menjadi periode di mana "desain produksi sebagian besar ditandai dengan adopsi storyboard". Storyboard sekarang merupakan bagian penting dari kemajuan penciptaan.

3. Manfaat

       Salah satu keuntungan dari menggunakan storyboards adalah bahwa hal itu memungkinkan (dalam film dan bisnis) pengguna untuk bereksperimen dengan perubahan pada storyline kuat untuk menimbulkan reaksi atau bunga. Kilas balik, misalnya, sering hasil penyortiran storyboards dari urutan kronologis untuk membantu membangun ketegangan dan bunga.
Proses berpikir visual dan perencanaan memungkinkan sekelompok orang untuk brainstorming bersama-sama, menempatkan mereka pada ide storyboards kemudian yang mengatur storyboards di dinding. Hal ini mendorong lebih banyak ide dan menghasilkan konsensus di dalam kelompok.

4. Penggunaan Story Board

  • Film
  • Theater
  • Animatics
  • Photomatic
  • Komik
  • Bisnis
  • Novel
  • Interaksi Media
  • Software



Tidak ada komentar:

Posting Komentar