Senin, 22 Oktober 2012

.: PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI :.

Selamat datang di Jagakarsa Network
Perkenalkan saya Dery Mardiana Sholeh salah satu mahasiswa di Universitas Tama Jagakarsa. dengan di buatnya blog ini saya bertujuan untuk berbagi informasi mengenai 20 Pekerjaan di Bidan Informasi Teknologi dan Komunikasi. juga untuk menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.
Maka dari itu silahkan di simak mengenai apa saja sih pekerjan di Bidang ICT :


1. System Analist
orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.




2. Programmer:
orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.






3. Web designer:
orang yang melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.






4. Web programmer:
orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitumembuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.





5. Technical engineer (atau teknisi):  
orang yang berkecimpung dalam bidang teknik baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.









6. Networking engineer:
orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.






7. EDP operator : orang yang bertugas untuk mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.






8. System administrator:  orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.




9. MIS director : orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik hardware, software maupun sumber daya manusianya.





10. Security Administrator : Di beberapa perusahaan besar ada fungsi khusus untuk mengelola security sebagai bagian dari IT Governance untuk terciptanya segregation of duties. Tugasnya antara lain sebagai pengelola user access dan pengelola konfigurasi security. Kebanyakan posisi ini ditempati oleh orang2 lulusan sarjana IT.



11. IT Compliance : melakukan evaluasi atas kepatuhan lingkungan IT suatu perusahaan terhadap beberapa regulasi yang terkait dengan perusahaan tersebut baik itu dari internal maupun external.




12.Hecker : melakukan evaluasi atas keamanan suatu sistem dengan cara mencoba menerobos dan memberikan solusi kepada developer atau programer yang membuat sistem tersebut




13. Sound Editor : Bekerja melakukan editing sound. biasanya dia bekerja di studio rekaman dan bertugas memperjernih suara yang ada dan menghilangkan noise - noise yang ada.





14. Petugas Kasir : Bekerja untuk melayani konsumen dalam pembelian suatu barang. menggunakan barcode scanner untuk memeriksa barang yang akan di beli dan di tampilka di layar monitor mengenai informasi lengkap data yang di scan tersebut.



15. Disc Jockey atau DJ : Bertugas menghibur konsumen dalam atraksi musik yang atraktif. biasanya seorang DJ berekspresi membuat musiknya sendiri untu di dengarkan oleh para penikmat musik DJ. Perangkat DJ sekarang sudah banyak yang terhubung dengan peralatan canggih seperti lapto dan sebagainya.






16. Operator Warnet : Bertugas menjaga warung internet dan melayani konsumen yang akan menggunakan jasa warung internet tersebut. bertugas di depan komputer memantau billing internet yang terus berjalan dan memastikan jaringan terkoneksi dengan baik.




17. Gamers : Hobi yang juga bisa menjadi pekerjaan namun cukup berbahaya karena bisa lupa waktu karena keasyikan bermain, tapi ini tidak disarankan untuk di contoh. hanya sebagai satu dari sekian banyak pekerjaan di bidang ICT saja.




18. Movie Editor : Bekrja untuk mengedit video dan menambahkan efek - efek yang perlu. serta memotong atau menambahkan bagian - bagian tertentu untuk kemudian di siarkan secara publik.




19. ISP (Internet Service Provider) : Penyedia jasa internet, menjual jasa inter untuk konsumen. ISP yang ada seperti Speedy, Melsa, Astinet, Jalawave dsb.





20. Pembuat Game : bertugas membuat Game yang menarik bagi konsumen dengan memberikan detail yang tinggi, kehalusan gambar yang bagus. agar semakin banyak peminat game yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar